Sabtu, 04 Desember 2010

MEMBUAT BONE STRACHING.

pertama sebagai contoh ambar di atas saya buat 6 bone IK dimana bone IK1 sampai IK 5 saling berkonksi dan ctr IK kita buat terpisah karena nantinya akan menjadi bone penggerak.kita akitifkan constraint IKnya caranya.klik ctr_ik kemudian shift pilih lagi IK 6 2 bone terpilih tekan Shift -i,menu constraint otomatis akan muncul kemudian pilih inverese kinematik.untuk bagian Ik parameter perlu kita ubah di bagian chain legth dari;0 menjadi 4.dengan maksud mengerakan bone Ik 2 sampai 5.dan bone IK 1 kita biarkan tidak bergerak.

sekarang kita akan menambah lagi bone yang akan kita letakkan di dalam bone IK.berarti bone tersebut dobel ya betul sekali.bone ini saya namakan bone strech.untuk mempermudahnya seleksi bone IK1 sampai 5 dalam posisi edit mode kita duplicate dengan menekan shift-d .sebaiknya kita pakai B bone karena ukuran nya bisa kita ubah dengan menekan Ctrl-Shift-S dan ubah nama bone dulicate tadi dengan nama bone str 1 sampai 5.otomatis bone str1 dan5 saling terkoneksi sebaiknya kita pisahkan dahulu jadi bone str tidak ada koneksi dengan bone lain.sekarang 

kita buat bone IK dan strecth menjadi 1.dalam contoh bone Ik saya letakan di tengah dan untuk bone strecth saya letakakan di luarnya.di gambar terlihat saat bone ik saya gerakan bone strech tidak bergerak ..karena ?kita belum memberi contraint copy location dan copy rotation.yang bermaksud tiap bone str akan mengikuti letak bone ik dan tetiap gerak putar dari ik .otomatis bone str akan mengikuti walau gerakan Ik acak..kita coba.klik IK-5 kemudian shift STR5 tekan Ctr-Shift-C ada menu constraint pilih copy location.masuk menu constraint lagi dengan shortcut Ctrl-Shift-C pilih Copy Rotation lakukan hal yang sama dengan bone skemanya di bawah:
IK5 dengan STR5=copy location dan copy rotasi
IK4 dengan STR4= sama 
IK3 dengan STR3=sama
IK2 dengan STR2=sama
IK1 dengan STR1=sama
("perlu di ingat setiap masuk menu constraint dengan Shortcut"Ctrl_Shift-C)
sekarang coba gerakkan pasti ada perubahan
bila teman teman betul hasilnya seperti ini:?
jika bingung silahkan tanya.sekarang kita akan memberi constraint lagi di dalam bone str.klik ctr IK kemudian shit pilih STR5 masuk menu constraint Ctr-Shift-C pilih Strecth To .lakukan dengan bone lain skemanya begini:
CTR Ik dengan STR5=Strecth to
IK5 dengan STR4=sama
IK4 dengan STR3=sama
IK3 dengan STR2=sama
IK2 dengan STR1=sama

sekarang kita gerakan keatas dengan jarak ekstrim apakah bone akan strech atau melar?
apa bila bone kmu tidak bisa strecth kita lupa mengatur parameter bone IK nya pada bagian inverese kinematik caranya: coba masuk menu properties cari icon bone gambar tulang pilih inverse kinematics pada bagian strecth ubah nominal dari 0.000 menjadi 0.0,050 dan lihat hasilnya.lakukan pada bone IK1 sampai 5 
untuk ctr IK tidak perlu.

demikian rigging dengan metode strecth apa bila ada kekuranga atau masih bingung silahkan bertanya..
terima kasih..salam blender






















Tidak ada komentar:

Posting Komentar