gambar1 &2 .
gambar 1 bone shape yang saya buat kedalam rigging ini hanya agar memudahkan animator pada waktu menganimasikan sebuah karakter ,karena apabila dalam sebuah caracter yang kompleks akan memerlukan banyak sekali tulang yang ada dalam karakter.jadi apabila kita menganimasikan karakter yang siap di animasikan kalau tanpa bone shape sangat menyita waktu dan ini sangat menganggu.bone shape sangat berguna sekali intinya untuk mengerakan bone control yang penting sehingga bone yang lain bisa kita letak kan kedalam layer yang lain.
gambar ke2 bentuk bone shape yang saya buat,untuk bentuknya sendiri kita bisa membuatnya sesuai dengan keinginan kita..oke kita mulai sekarang ..masih sama contohnya:
contoh di bawah mengubah bone kontrol tangan menjadi icosphere .
contoh di bawah mengubah bone kontrol tangan menjadi icosphere .
2.letakan obyek ico seperti contoh
gambar.1
3.kemudian seleksi bone kontrol tangan masuk propertis cari icon tulang [bone]pilih display,di situ ada kolom custom shape,isi dengan nama icosphere ,maka bone kontrol tangan akan berubah seperti ico sphere
seperti gambar di bawah:
gambar2.
untuk mengatur posisi yang pas seleksi ico sphere kemudian masuk ke edit model kkemudian tinggal kita mengaatur posisi yang pas untuk kontrol tangannya.bila sudah di rasa cukup kita harus memindahkan ico sphere ke layer lain karena apa bila dalam satu layer dengan bone akan menganggu.caranya tekan[M] pilih layer yang kita mau untuk ico sphere
apa bila ada kebingungan silahkan tanya..terima kasih.
bos numpang tanya ya....
BalasHapusklo menggabngkan 2obyex berbeda modelingnya gemana..maksudnya..yg 1 pake SUBSURF dn yg ke2 gak pake.nah yg ke2 jangn kena SUBSURF dri obyek 1.gmana tuh.maaf baru knal blender...